Senin, 19 November 2012

PENTINGNYA MATEMATIKA UNTUK AUD



HAKIKAT PENGENALAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI


Definisi
Matematika adalah ilmu tentang bilangan-bilangan, hubungan antar bilangan dan prosedur operasional yang digunakan dalam penyelesaian persoalan mengenai bilangan (pusat pembinaan dan pengembangan bahasa (1991).
Matematika adalah bahasa yang melambangkan serangkaian makna dari pernyataan yang ingin di sampaikan (suriasumantri, 1982)
Matematika sebagai ilmu tentang struktur dan hubungan-hubunganya memerlukan simbol-simbol  untuk membantu memanipulasi aturan-aturan melalui operasi yang ditetapkan (Paimin, 1998)
Kesimpulan, matematika adalah sesuatu yang berkaitan dengan ide-ide/konsep-konsep abstrak yang tersusun secara hirarkis melalui penalaran yang bersifat deduktif, sedangkan matematika di  PAUD adalah kegiatan belajar tentang konsep matematika melalui aktifitas bermain dalam kehidupan sehari-hari dan bersifat ilmiah.


TUJUAN PENGENALAN MATEMATIKA PADA ANAK USIA DINI:
  1. A.   Tujuan Umum
Agar anak mengetahui dasar-dasar pembelajaran berhitung/ matematika, sehingga pada saatnya nanti anak akan lebih siap mengikuti pembelajaran matematika pada jenjang pendidikan selanjutnya yang lebih komplek. 

B.   Tujuan khusus
  1. Dapat berpikir logis dan sistematis sejak dini melalui pengamatan terhadap benda-benda kongkrit, gambar-gambar atau angka-angaka yang terdapat di sekitar anak.
  2. Dapat menyesuaikan dan melibatkan diri dalam kehidupan masyarakat yang dalam kesehariannya memerlukan keterampilan berhitung.
  3. Memiliki ketelitian, konsentrasi, abstraksi dan daya apresiasi yang tinggi.
  4. Memiliki pemahaman konsep ruang dan waktu serta dapat memperkirakan kemungkinan urutan sesuatu peristiwa terjadi di sekitarnya.
  5. Memiliki kreativitas dan imajinasi dalam menciptakan sesuatu secara spontan   
  
 LANDASAN PENGENALAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI 
Beberapa teori yang mendasari perlunya permainan matematika anak usia dini adalah sebagai berikut: 
1. Tingkat Perkembangan Mental Anak 
 Jean Piaget, menyatakan bahwa kegiatan belajar memerlukan kesiapan dalam diri anak. Artinya belajar sebagai suatu proses membutuhkan aktifitas baik fisik maupun psikis.selain itu kegiatan belajar pada anak harus disesuaikan dengan tahap-tahap perkembangan mental anak, karena belajar bagi anak harus keluar dari anak itu sendiri.
Anak usia TK berada pada tahapan pra-operasional kongkrit yaitu tahap persiapan kearah pengorganisasian pekerjaan yang kongkrit dan berpikir intuitif dimana anak mampu mempertimbangkan tentang besar, bentuk dan benda-benda didasarkan pada interpretasi dan pengalamannya (persepsinya sendiri).

2. Masa Peka Berhitung Pada Anak
Perkembangan dipengaruhi oleh faktor kematangan dan belajar. Apabila anak sudah menunjukan masa peka (kematangan) untuk berhitung, maka orang tua dan guru di TK harus tanggap, untuk segera memberikan layanan dan bimbingan sehingga kebutuhan anak dapat terpenuhi dan tersalurkan dengan sebaik-baiknya menuju perkembangan kemampuan berhitung yang optimal.
Anak usia TK adalah masa yang sangat strategis untuk mengenalkan berhitung di jalur matematika, karena usia TK sangat peka terhadap rangsangan yang diterima dari lingkungan. Rasa ingin tahunya yang tinggi akan tersalurkan apabila mendapat stimulasi/rangsangan/motivasi yang sesuai dengan tugas perkembangan-nya. Apabila kegiatan berhitung diberikan melalui berbagai macam permainan tentunya akan lebih efektif karena bermain merupakan wahana belajar dan bekerja bagi anak. Diyakini bahwa anak akan lebih berhasil mempelajari sesuatu apabila yang ia pelajari sesuai dengan minat, kebutuhan dan kemampuannya.
Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan oleh Orborn (1981) perkembangan intelektual pada anak berkembang sangat pesat pada kurun usia nol sampai dangan pra-sekolah (4-6 tahun). Oleh sebab itu, usia pra-sekolah sering kali disebut sebagai “masa peka belajar”. Pernyataan didukung oleh Benyamin S. Bloom yang menyatakan bahwa 50% dari potensi intelektual anak sudah terbentuk usia 4 tahun kemudian mencapai sekitar 80% pada usia 8 tahun.

MANFAAT PERMAINAN MATEMATIKA UNTUK AUD
  1. Membelajarkananak berdasarkan konsep matematika yang benar.
  2. Menghindari ketakutan matematika sejak awal.
  3. Membantu anak belajar matematika secara alami melalui kegiatan bermain.


4 komentar:

  1. betul pk dedy, apa jadinya dunia ini tanpa matematika ALLAH menciptakan segala sesuatu dengan sangat teliti dan sempurna sebagaimana ilmu matematika itu sendiri. salam kenal dari KangSees pengurus NU Setendo tukangkayu. mampir di blog NU Setendo ya...

    BalasHapus
  2. BENAR PAK... MEMANG MATEMATIKA PENTING JUGA UNTUK ANAK TK KARENA DISITU DIAJARKAN BEBERAPA KONSEP DASAR DALAM MEMBILANG BAIK BENDA MAUPUN ANGKA,KONSEP SAMA TIDAK SAMA,LEBIH BANYAK DAN LEBIH SEDIKIT DLL YANG DAPAT MEREKA TEMUI DALAM KEHIDUPAN SEHARI-HARI DAN YANG PENTING ANAK USIA TK MERUPAKAN MASA KEEMASAN / GOLDEN AGE DIMANA KITA DAPAT MENGEKSPLOR PENGETAHUAN SEBANYAK-BANYAKNYA UNTUK MEMENUHI RASA INGIN TAHUNYA.

    BalasHapus
    Balasan
    1. MAAF PAK LUPA KASIH NAMA INI KOMENTAR DARI INDASAH (INDASAH_39@YAHOO.CO.ID)

      Hapus